8/24/2016

jalur gunung arjuna welirang via batu

jalur gunung arjuno welirang via cangar
Views welirang

Nama gunung arjuna saat ini sudah tidak asing lagi di kalangan para pecinta alam dan pendaki gunung di indonesia.

Gunung tertinggi kedua di jawa timur dengan ketinggian 3339 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu gunung favorit untuk tujuan pendakian.
Gunung yang memiliki puncak bebatuan besar yang di sebut puncak ogal agil ini bersebelahan dengan 3 puncak lainya yaitu puncak kembar 1 dan 2 , dan puncak welirang.
Yang menjadi kesukaan pendaki , keempat gunung ini masih satu jalur jadi sekali mendaki 4 puncak terlampaui

Ada banyak jalur untuk menuju gunung arjuna dan tiga gunung sebelah yang bisa di lewati yaitu via cangar , tretes , lawang , purwosari , karangploso , dan pura junggo.

Di sini saya akan memberikan informasi salah satu jalur gunung arjuno welirang.

Rute pendakian arjuno welirang via cangar kota batu

jalur arjuno welirang via batu
Start pendakian arjuno.
Credit: google maps & piclab

-  pos pendakian dan start pendakian.

Pos pendakian gunung arjuna berada di batas akhir desa sumber brantas sebelum pemandian cangar yang berada di sebelah kanan jalan.
Untuk start pendakian bisa melalui jalur brak seng yang berada satu kilo meter setelah pos pendakian yang di tandai dengan gapura kecil dan jalan paping.

-  batas ladang ( hutan basah )

Di ladang warga ini harus membutuhkan kejelian untuk menentukan jalur , karena di jalur ini banyak percabangan hingga batas ladang / batas hutan.

jalur arjuna welirang via cangar batu
Jalur pendakian arjuno welirang
Credit: google maps & piclab

- pos watu tumpuk

Setelah melewati ladang warga jalur pendaki akan melewati hutan basah sepanjang 1,5 km dan berlanjut melewati semak hingga pos watu tumpuk selama 2 jam.

- sauna arjuno

Sampai di pos watu tumpuk pendaki akan melewati semak hingga hutan terbakar  sampai sauna arjuno yang di tandai dengan uap panas yang muncul dari dalam tanah yang berada di sekitar jalur.

-  lembah lengkean

Untuk menuju lembah lengkean di butuhkan waktu 3 jam dari pos watu tumpuk dengan jalur yang sedikit menanjak . Di tempat ini pendaki bisa mendirikan tenda untuk melakukan perencanaan untuk menuju puncak yang dituju.
Karena di lembah lengkean ini terdapat percabangan  untuk menuju puncak welirang , puncak kembar 1 dan 2 , dan puncak arjuna.

-  puncak kembar 1 dan welirang

Untuk menuju puncak kembar 1 dan welirang ambil jalur kiri dari lembah lengkean .
Di butuhkan waktu 2,5 jam hingga sampai puncak welirang.

- puncak kembar 2

Untuk menuju puncak kembar 2 ambil jalur kanan.
Di butuhkan waktu 1,5 jam hingga sampai puncak.

- puncak arjuna

Untuk menuju puncak arjuna ambil jalur lurus melewati atas jurang lalu belok kanan hingga sampai pertigaan arah tretes selanjutnya mnuju puncak. Di butuhkan waktu 4 jam hingga sampai puncak dari lembah lengkean.

Itulah sedikit informasi jalur pendakian arjuno welirang

Kami menawarkan jasa tour guide untuk pendakian ini :